Poin 10
Pengenalan
Microsoft Excel 2010, Mengenal Menu dan Fungsi menu Ms Excel
1.
Pengertian Microsoft Excel
Microsoft Excel atau sering disebut
dengan Excel merupakan program untuk mengolah angka/data secara otomatis, yang
meliputi perhitungan dasar matematika, penggunaan fingsi-fungsi tertentu,
pengolahan data, pembuatan grafik dan manajemen data. Selain itu Microsoft
Excel juga dapat digunakan untuk berbagai urusan, dimulai dari yang sederhana,
hingga urusan yang kompleks.
2.
Perkembangan
Pada tahun [[1982]], Microsoft
membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan [Multiplan], yang sangat
populer dalam [sistem operasi|sistem-sistem] CP/M, tapi tidak dalam sistem
MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini
membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru
yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug
Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang
dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Versi pertama Excel dirilis untuk
Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0)
pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet
untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada
tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program
spreadsheetdan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang
aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini
mengukuhkan
Microsoft sebagai kompetitor yang
sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi.
Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru
setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah
Microsoft Office Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X),
versi terakhirnya adalah Excel for Mac. (sumber: wikipedia
3.
Fungsi.
Bisa
untuk menyelesaikan berbagai urusan administratif.
Membuat
grafik
Memanajemen
data
Bisa
menggunakan fungsi matematis
Bisa
menggunakan fungsi logika untuk menyelesaikan masalah.
Mengenal
Menu dan Fungsi Ms Excel
1.
Lembar kerja Microsoft Excel.
·
Quick access toolbar, letaknya berada dikiri
atas. Quick access toolbar ini mewakili perintah-perintah tertentu yang
biasanya sering digunakan.
·
Tab baris, berisi sekumpulan tab seperti,
file, home, insert, formula dan lain sebagainya.
·
Size button, untuk mengatur tampilan lembar
kerja excel.
·
Name box, merupakan toolbar yang berisi
alamat suatu cell.
·
Formula bar, tempat untuk menuliskan rumus.
·
Kolom, baris lajur yang berisi abjad A sampai
VI.
·
Baris, berisi angka 1 sampai 65536.
·
Scroll
bar, digunakan untuk menggulung dokumen ke atas ke bawah atau ke kiri ke kanan.
·
Tombol navigasi sheet, digunakan untuk
berpindah sheet.
·
Status bar, baris yang berisi keterangan
tentang lembar kerja yang sedang digunakan.
·
Zoom, digunakan untuk memperbesar atau
memperkecil ukuran lembar kerja dalam layar.
2.
Menu Tab Microsoft Excel 2010
Lembar kerja microsoft excel
mempunyai menu-menu tab yang dapat membantu pekerjaan anda dengan cepat.
Tab-tab tersebut adalah sebagai berikut;
1.Tab
Home, elemen pada tab home terdiri dari submen.
·
Clipboard, digunakan untuk menampung data
sementara hasil pemotongan data atau copy. Bagian dari clipboard adalah sebagai
berikut;
1).
Cut, untuk menghapus/memotong teks.
2).
Copy, untuk meduplikat teks.
3).
Format Painter, membuat format data seperti data sebelumnya.
4).
Paste, menempelkan hasil copian data.
·
Font, submenu dari font adalah sebagai
berikut;
1).
Increase font size, membesarkan ukuran huruf.
2).
Decrease font size, mengecilkan ukuran huruf.
3).
Bold, menebalkan huruf.
4).
Italic, mencetak miring huruf.
5).
Underline, memberi garis bawah pada huruf.
6).
Border, memberi bingkai pada tabel.
7).
Fill color, memberi warna.
8).
Font color, memberi warna pada huruf.
9).
Font, untuk memilih jenis huruf.
·
Alignment, submenu alignment terdiri dari
beberapa ikon dibawah ini;
1).
Top Align, format teks rata tengah dengan posisi disebelah kiri halaman.
2).
Middle Align, format teks rata tengah dengan posisi ditengah-tengah halaman.
3).
Bottom Align, penggalan halaman.
4).
Align Left, format teks rata kiri.
5).
Center, format teks rata tengah.
6).
Align Right, format teks rata kanan.
7).
Decrease Indent, paragraf menjorok ke kiri.
8).
Increase Indent, paragraf menjorok ke kanan.
9).
Merge and Center, menggabungkan dan menengahkan teks.
·
Number, submenu number terdiri dari ikon yang
seperti dibawah ini;
1).
General, tombol pengaturan secara umum.
2).
Curency, format mata uang.
3).
Percent, format persen.
4).
Comma, pemberian tanda koma pada data.
5).
Decrease decimal, mengurang angka desimal.
6).
Increase decimal, menambahkan angka desimal.
·
Styles, submenu styles terdiri dari beberapa
ikon dibawah ini;
1).
Conditional formatting, pembuatan format yang sesuai dengan keinginan.
2).
Format as table, pembuatan tabel dengan format yang disediakan.
3).
Cell style, pembuatan penampilan sel.
·
Cell, submenu cell terdiri dari beberapa ikon
seperti dibawah ini;
1).
Insert, menyisipkan sel.
2).
Delete, menghapus sel.
3).
Format, pengaturan penampilan sel
·
Editing, submenu editing terdiri dari
beberapa ikon seperti dibawah ini;
1).
Autosum, menghitung secara otomatis, membuat rumus.
2).
Clear, menghapus sel.
3).
Sort and filter, mengurutkan dan menyaring data.
4).
Find and select, mencari dan menseleksi data.
2.
Tab Insert, tab ini digunakan untuk
memasukkan intruksi-intruksi kedalam lembar kerja seperti pembuatan tabel,
memasukkan gambar, model-model grafik, membuat link, serta memasukkan
simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut;
a. Tables, nama dan fungsi submenu dari tables
adalah sebagai berikut;
1). Pivot table, membuat tabel
rekapitulasi dengan bentuk yang ditentukan sendiri.
2). Table, membuat table.
b.
Ilustrations, submenu dari tab ini adalah sebagai berikut;
1).
Picture, menyisipkan gambar.
2).
Clip art, menyisipkan clipart.
3).
Shape, menyisipkan gambar standar dari komputer.
4).
Smart Art, menyisipkan gambar praktis.
c.
Chart, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.
d.
Text, digunakan untuk membuat text box, menyisipkan header dan footer, membuat
huruf indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan simbol.
3. Tab Page Layout, tab ini
digunakan untuk mengatur data, submenu dari tab ini adalah sebagai berikut;
a.
Themes, digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak dan efek huruf.
b.
Page Setup, digunakan untuk mengatur batas tepi kertas (margin), orientasi
kertas, mengatur ukuran kertas/size, mengatur area pencetakan, mengatur
penggalan halaman (page break), memberi background pada dokumen, mencetak dan
memberi judul tabel.
c.
Scale to fit, digunakan untuk mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau
baris secara otomatis.
d.
Sheet option, digunakan untuk memunculkan garis bantu serta heading dari suatu
data.
e.
Arrange, digunakan utnuk mengatur tata letak gambar.
4. Tab Formula, digunakan untuk
memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi teks, format keuangan, tanggal, dan
waktu. Berikut ini adalah bagian dari tab formula;
5. Tab Data, digunakan untuk
memasukkan data eksternal, atau merefresh data. pada bagian Sort dan Filter,
digunakan untuk mengurutkan data dan menyaring data. Di bagian Data Tools,
digunakan untuk membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan
untuk proses group dan melepas group suatu data serta membuat subtotal.
6. Tab Review, digunakan untuk mengeja
kesalahan pada tata bahasa, pemberian komentar, serta untuk keamanan data.
7. Tab View, digunakan untuk melihat
tampilan lembar kerja, mengatur tampilan lembar kerja pada layar monitor, serta
pengaturan jendela lembar kerja.
Komentar
Posting Komentar