Poin 5
Drop
Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art dan Watermark, Page Border, Smart
Art, Footnote dan Comment
Cara membuat Drop cap
Pertama, setelah anda buka tulisan
anda di Micorosoft Word, maka pilihlah (blok) huruf pertama yang ingin anda
jadikan Drop Cap. Pada contoh diatas huruf M menjadi huruf yang akan dibuat
Drop Cap.
Kedua, setelah di blok selanjutnya
masuk ke Tab Insert, kemudian pilih menu Drop Cap (tanda panah)
Menu Drop Cap
Ketiga, selanjuntnya anda tinggal
memilih salah satu pilihan yang disediakan, antara lain None :tidak ada drop
cap:drop cap di Awal paragraph ,InMargin : Drop Cap di awal Margin, dan Drop
Cap Option : untuk pengaturan Drop Cap secara Detail
Cara Membuat Columns
Fungsi columns pada microsoft office
word adalah untuk membagi tulisan menjadi beberapa bagian sehingga dalam satu
lembar kerja terdapat tulisan yang dibagi-bagi menjadi sebuah kolom. Cara
membuat kolom pada microsoft word memang sangat mudah, tetapi untuk para
pengguna baru akan menjadi sulit dan membingungkan. Untuk itu pada kesempatan
ini saya akan berbagi tentang bagai cara membuat kolom (columns) pada microsoft
word.
Pada dasarnya kolom pada microsoft
word dalam tampilan default, hanya ditampilkan dalam satu kolom saja, akan
tetapi dengan fitur Columns yang ditawarkan oleh microsoft office word anda
bisa membuat artikel atau karya tulis menjadi beberapa kolom. Anda bisa membagi
menjadi 2 kolom, 3 kolom, left kolom ataupun sesuai dengan keinginan anda.
Untuk membuat sebuah tulisan dengan beberapa kolom ikuti langkah-langkah
berikut:
Buka lembar kerja ms word anda yang
sudah berisi artikel yang akan dibagi menjadi beberapa kolom
Blok tulisan yang akan di buat
kolom. Anda bisa membuat kolom untuk satu paragraf saja atau semua tulisan yang
ada dalam lembar kerja anda. jika anda ingin membuat kolom untuk semua tulisan
yang ada pada lembar kerja anda, anda tingga klik ctrl+A untuk mem-blok semua
tulisan, atau anda juga dapat menyeleksi sebagian saja.
Selanjutnya
klik menu page layout, kemudia pilih menu columns pada group page setup.Setelah
itu pilihlah menu sesuai keperluan anda.
Cara Membuat Header & Footer
Pada Menu Bar, pilih Insert lalu
kamu akan melihat ada pilihan Header dan Footer. Header biasanya digunakan
untuk menuliskan judul atau chapter dari buku pada setiap halaman. Footer
biasanya digunakan untuk menempatkan nomor halaman atau page number dan catatan
kaki.Pilih bentuk Footer yang kamu inginkan.
Cara
Membuat Clip Art
1.
Pertama buka aplikasi program Ms.Word dan ini adalah tampilan halaman pada
Ms.Word
2.
Lalu klik “Insert”
3.
Lalu pilih dan klik “Clip Art”
4.
Maka akan muncul tampilan halaman dari “Clip Art” disebelah pojok kanan
5.
Kemudian klik “GO” pada tampilan halaman Clip Art, maka akan muncul
gambar-gambar Clip Art
6.
Pilih dan klik salah satu gambar yang anda sukai
7.
Setelah itu gambar clip art yang anda pilih akan berada dihalaman lembar kerja
langkah-langkah
membuat Clip Art pada Ms. Word telah selesai
Cara
Membuat Watermark
1.
Membuat Watermark Teks
Yang pertama pastilah anda wajib
untuk menyiapkan dokumen yang akan diberikan watermark.
Pergi
ke tab menu Page Layout → group Page Background → lalu klik pada Watermark
Pilih
menu Watermark
Anda bisa langsung memilih gaya dari
watermark yang sudah disiapkan oleh Microsoft Word.agar lebih menarik lebih
baik kita langsung membuat teksnya sendiri yaitu dengan cara lengetik dibagian
panah.
Custom
Watermark
Klik pada bagian Text watermark
dahulu, dari kolom yang ada mulai dari Language hingga Layout, anda bisa
mengubahnya sesuka hati. Aturlah sedemikian rupa agar watermark tampak lebih
menarik. Jika sudah klik OK.Pilih teks watermark
Cara
Membuat Page Border
Langkah Membuat Page Border di
Office 2010 buka aplikasi ms word dan buatlah lembar kerja baru dengan jenis
kertas yang anda inginkan
Langkah selanjutnya silahkan anda
buka menu Page Layout dan pilihlah menu Page Borders maka akan keluar tampilan
seperti dibawah ini
Untuk membuat page border standard
silahkan anda ikuti langkah berikut ini :
·
Pertama silahkan anda klik menu BOX dan
silahkan pilih jenis borders yang akan anda gunakan pada kolom style
·
Kedua jika anda ingin merubah warna borders
tersebut, silahkan anda pilih warna di bagian menu color.
·
Ketiga jika anda ingin merubah ukuran borders
tersebut silahkan anda tentukan pada bagian menu Width, silahkan anda pilih
ukuran sesuai dengan yang anda perlukan
Maka dia lembar kerja anda akan menjadi seperti ini.
Cara
Membuat Smart Art
a.
Menyisipkan Grafik SmarArt dan Menambahkan Teks Kedalamnya
1.
Pada tab Sisipkan, dalam grup Ilustrasi, klik SmartArt.
2.
Dalam kotak dialog Pilih grafik SmartArt, klik tipe dan tata letak yang
diinginkan.
3.
Masukkan teks Anda dengan melakukan salah satu hal berikut ini:
4.
Klik [Teks] di panel Teks, lalu ketikkan teks Anda.
5.
Salin teks dari lokasi atau program lain, klik [Teks] di panel Teks, lalu
tempelkan teks Anda.
Catatan:
Jika panel Teks tidak terlihat, klik
panah kontrol pada sisi kiri grafik SmartArt.
Untuk
menambahkan teks, seperti judul, pada posisi di dekat atau di atas grafik
SmartArt, pada tab Sisipkan, dalam grup Teks, klik Kotak Teks untuk menyisipkan
kotak teks. Jika hanya ingin menampilkan teks dalam kotak teks, klik kanan
kotak teks, klik Format Bentuk atau Format Kotak Teks, lalu atur agar kotak
teks tidak memiliki warna latar belakang dan batas.
6.
Klik dalam kotak pada grafik SmartArt, lalu ketikkan teks. Untuk hasil terbaik,
gunakan opsi ini setelah menambahkan semua kotak yang diinginkan.
Menambahkan
atau menghapus bentuk dalam grafik SmartArt Anda
1.
Klik grafik SmartArt yang ingin Anda tambahkan ke bentuk lain.
2.
Klik bentuk yang ada yang terletak paling dekat dengan tempat Anda ingin
menambah bentuk baru.
3.
Di bawah Alat SmartArt, pada tab Desain, dalam grup Buat Grafik, klik panah di
samping Tambahkan Bentuk.
Cara Membuat Footnote
Footnote adalah catatan kaki dalam
dokumen, biasanya dipakai untuk merangkai suatu kata atau kalimat atau pokok
bahasan dalam dokumen, untuk memperjelas maksud dokumen atau menerangkan
sumbernya.
Langkah – langkah untuk membuat
footnote adalah sebagai berikut :
1.
Bawalah kursor ketempat tanda footnote akan diletakan.
2.
Pilih Menu Insert- Footnote
3.
Tentukan pilihan footnote yang anda inginkan :
·
Footnote, dokumen footnote akan disimpan
setiap akhir halaman
·
Endnote, dokumen footnote akan disimpan setiap
dokumen
·
AutoNumber, jenis footnote dapat berupa angka
·
Custom mark, jenis footnote berupa syimbol
atau karakter khusus
d.
Klik OK
Cara Membuat Komentar Di Ms Word
Untuk
menambahkan catatan atau memberi komentar pada Microsoft Word kita bisa
menggunakan fitur “Comments” yang tersedia di Microsoft Word. Fitur ini terletak
di barisan menu “Review”
Langkah
untuk menambahkan catatan atau memberi komentar pada Microsoft Word adalah
sebagai berikut :
·
Pilih atau blok kata/kalimat yang akan diberi
komentar (catatan)
·
Setelah itu klik menu Review
·
Pilih “New Comment”
·
Lalu ketikkan catatan atau komentar yang
ingin diberikan
·
Setelah selesai silahkan simpan file
tersebutUntuk menampakkan atau pun menyembunyikan komentar silahkan pilih “show
Markup” lalu klik “Comments
Komentar
Posting Komentar