Poin 5
            Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art dan Watermark, Page Border, Smart Art, Footnote dan Comment
Cara membuat Drop cap
            Pertama, setelah anda buka tulisan anda di Micorosoft Word, maka pilihlah (blok) huruf pertama yang ingin anda jadikan Drop Cap. Pada contoh diatas huruf M menjadi huruf yang akan dibuat Drop Cap.
            Kedua, setelah di blok selanjutnya masuk ke Tab Insert, kemudian pilih menu Drop Cap (tanda panah)
Menu Drop Cap
            Ketiga, selanjuntnya anda tinggal memilih salah satu pilihan yang disediakan, antara lain None :tidak ada drop cap:drop cap di Awal paragraph ,InMargin : Drop Cap di awal Margin, dan Drop Cap Option : untuk pengaturan Drop Cap secara Detail
Cara Membuat Columns
            Fungsi columns pada microsoft office word adalah untuk membagi tulisan menjadi beberapa bagian sehingga dalam satu lembar kerja terdapat tulisan yang dibagi-bagi menjadi sebuah kolom. Cara membuat kolom pada microsoft word memang sangat mudah, tetapi untuk para pengguna baru akan menjadi sulit dan membingungkan. Untuk itu pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang bagai cara membuat kolom (columns) pada microsoft word.
            Pada dasarnya kolom pada microsoft word dalam tampilan default, hanya ditampilkan dalam satu kolom saja, akan tetapi dengan fitur Columns yang ditawarkan oleh microsoft office word anda bisa membuat artikel atau karya tulis menjadi beberapa kolom. Anda bisa membagi menjadi 2 kolom, 3 kolom, left kolom ataupun sesuai dengan keinginan anda. Untuk membuat sebuah tulisan dengan beberapa kolom ikuti langkah-langkah berikut:
            Buka lembar kerja ms word anda yang sudah berisi artikel yang akan dibagi menjadi beberapa kolom
            Blok tulisan yang akan di buat kolom. Anda bisa membuat kolom untuk satu paragraf saja atau semua tulisan yang ada dalam lembar kerja anda. jika anda ingin membuat kolom untuk semua tulisan yang ada pada lembar kerja anda, anda tingga klik ctrl+A untuk mem-blok semua tulisan, atau anda juga dapat menyeleksi sebagian saja.
Selanjutnya klik menu page layout, kemudia pilih menu columns pada group page setup.Setelah itu  pilihlah menu sesuai keperluan anda.
Cara Membuat Header & Footer
            Pada Menu Bar, pilih Insert lalu kamu akan melihat ada pilihan Header dan Footer. Header biasanya digunakan untuk menuliskan judul atau chapter dari buku pada setiap halaman. Footer biasanya digunakan untuk menempatkan nomor halaman atau page number dan catatan kaki.Pilih bentuk Footer yang kamu inginkan.
            Cara Membuat Clip Art
1. Pertama buka aplikasi program Ms.Word dan ini adalah tampilan halaman pada Ms.Word
2. Lalu klik “Insert”
3. Lalu pilih dan klik “Clip Art”
4. Maka akan muncul tampilan halaman dari “Clip Art” disebelah pojok kanan
5. Kemudian klik “GO” pada tampilan halaman Clip Art, maka akan muncul gambar-gambar Clip Art
6. Pilih dan klik salah satu gambar yang anda sukai
7. Setelah itu gambar clip art yang anda pilih akan berada dihalaman lembar kerja
langkah-langkah membuat Clip Art pada Ms. Word telah selesai
            Cara Membuat Watermark
1. Membuat Watermark Teks
            Yang pertama pastilah anda wajib untuk menyiapkan dokumen yang akan diberikan watermark.
Pergi ke tab menu Page Layout → group Page Background → lalu klik pada Watermark
Pilih menu Watermark
            Anda bisa langsung memilih gaya dari watermark yang sudah disiapkan oleh Microsoft Word.agar lebih menarik lebih baik kita langsung membuat teksnya sendiri yaitu dengan cara lengetik dibagian panah.
Custom Watermark
            Klik pada bagian Text watermark dahulu, dari kolom yang ada mulai dari Language hingga Layout, anda bisa mengubahnya sesuka hati. Aturlah sedemikian rupa agar watermark tampak lebih menarik. Jika sudah klik OK.Pilih teks watermark
Cara Membuat Page Border
            Langkah Membuat Page Border di Office 2010 buka aplikasi ms word dan buatlah lembar kerja baru dengan jenis kertas yang anda inginkan
            Langkah selanjutnya silahkan anda buka menu Page Layout dan pilihlah menu Page Borders maka akan keluar tampilan seperti dibawah ini
            Untuk membuat page border standard silahkan anda ikuti langkah berikut ini :
·         Pertama silahkan anda klik menu BOX dan silahkan pilih jenis borders yang akan anda gunakan pada kolom style
·         Kedua jika anda ingin merubah warna borders tersebut, silahkan anda pilih warna di bagian menu color.
·         Ketiga jika anda ingin merubah ukuran borders tersebut silahkan anda tentukan pada bagian menu Width, silahkan anda pilih ukuran sesuai dengan yang anda perlukan
            Maka dia lembar kerja  anda akan menjadi seperti ini.
Cara Membuat Smart Art
a. Menyisipkan Grafik SmarArt dan Menambahkan Teks Kedalamnya
1. Pada tab Sisipkan, dalam grup Ilustrasi, klik SmartArt.
2. Dalam kotak dialog Pilih grafik SmartArt, klik tipe dan tata letak yang diinginkan.
3. Masukkan teks Anda dengan melakukan salah satu hal berikut ini:
4. Klik [Teks] di panel Teks, lalu ketikkan teks Anda.
5. Salin teks dari lokasi atau program lain, klik [Teks] di panel Teks, lalu tempelkan teks Anda.
            Catatan:
            Jika panel Teks tidak terlihat, klik panah kontrol pada sisi kiri grafik SmartArt.
Untuk menambahkan teks, seperti judul, pada posisi di dekat atau di atas grafik SmartArt, pada tab Sisipkan, dalam grup Teks, klik Kotak Teks untuk menyisipkan kotak teks. Jika hanya ingin menampilkan teks dalam kotak teks, klik kanan kotak teks, klik Format Bentuk atau Format Kotak Teks, lalu atur agar kotak teks tidak memiliki warna latar belakang dan batas.
6. Klik dalam kotak pada grafik SmartArt, lalu ketikkan teks. Untuk hasil terbaik, gunakan opsi ini setelah menambahkan semua kotak yang diinginkan.
Menambahkan atau menghapus bentuk dalam grafik SmartArt Anda
           
1. Klik grafik SmartArt yang ingin Anda tambahkan ke bentuk lain.
2. Klik bentuk yang ada yang terletak paling dekat dengan tempat Anda ingin menambah bentuk baru.
3. Di bawah Alat SmartArt, pada tab Desain, dalam grup Buat Grafik, klik panah di samping Tambahkan Bentuk.
Cara Membuat Footnote
            Footnote adalah catatan kaki dalam dokumen, biasanya dipakai untuk merangkai suatu kata atau kalimat atau pokok bahasan dalam dokumen, untuk memperjelas maksud dokumen atau menerangkan sumbernya.
            Langkah – langkah untuk membuat footnote adalah sebagai berikut :
1. Bawalah kursor ketempat tanda footnote akan diletakan.
2. Pilih Menu Insert- Footnote
3. Tentukan pilihan footnote yang anda inginkan :
·         Footnote, dokumen footnote akan disimpan setiap akhir halaman
·         Endnote, dokumen footnote akan disimpan setiap dokumen
·         AutoNumber, jenis footnote dapat berupa angka
·         Custom mark, jenis footnote berupa syimbol atau karakter khusus
d. Klik OK
Cara Membuat Komentar Di Ms Word
            Untuk menambahkan catatan atau memberi komentar pada Microsoft Word kita bisa menggunakan fitur “Comments” yang tersedia di Microsoft Word. Fitur ini terletak di barisan menu “Review”
Langkah untuk menambahkan catatan atau memberi komentar pada Microsoft Word adalah sebagai berikut :
·         Pilih atau blok kata/kalimat yang akan diberi komentar (catatan)
·         Setelah itu klik menu Review
·         Pilih “New Comment”
·         Lalu ketikkan catatan atau komentar yang ingin diberikan
·         Setelah selesai silahkan simpan file tersebutUntuk menampakkan atau pun menyembunyikan komentar silahkan pilih “show Markup” lalu klik “Comments


Komentar