Poin 8
Membuat dan Memodifikasi Table Serta
Menggunakan Rumus Sederhana di Ms Word 2010
Membuat
dan Memodifikasi Tabel
1.
Buka dulu program microsoft word pada komputer kamu.
2.
Kemudian klik Menu Table – insert – Table . . . seperti di gambar di bawah ini
1.
Setelah kamu klik tabel, nanti akan muncul
jendela seperti di bawah ini :
Number of column adalah untuk
menentukan jumlah kolom, sedangkan untuk number of row adalah untuk menentukan
jumlah baris, masukkan angka sesuai dengan kebutuhanmu.
contoh di atas adalah dengan jumlah
sebanyak 5 kolom dan 10 baris, setelah memaskkan angkanya. klik OK.
setiap membuat tabel, bentuk tabel
akan rata memenuhi jendela microsoft word, untuk memperkecil dan melebarkan
kolom tabel caranya dengan mengarahkan mouse pointer anda pada garis kolom yang
ingin kamu geser, arahkan mouse pointer hingga berubah menjadi panah dengan dua
arah kanan kiri. klik dan tahap pada garis kolom, kemudian tarik ke kanan atau
ke kiri sesuai dengan kebutuhanmu.
Merge Cells
caranya
1.
siapkan tabel kerja kamu
2.
blokpada kolom atau baris yang ingin kamu gabungkan, (cara mengeblok adalah
dengan klik dan tahan mouse pointer pada salah satu kolom atau baris kemudian
geser mouse pointer ke arah kolom lain ) misalnya seperti gambar di bawah ini
3.
Kemudian setelah diblok, klik menu Table, Merge Cells
4.maka
kolom akan berrgabung
langkah di atas adalah untuk
menggabungkan dua baris menjadi satu, untuk menggabungkan kolom pun juga sama,
kamu tinggal menge blog kolomnya dan kemudian pilih menu merge cells seperti
contoh diatas.
Membuat
dan menggunakan formula.
Menggunakan Rumus Sederhana di Ms Word
Jalankan aplikasi Microsoft Word,
buat tabel sederhana yang terdiri dari 4 kolom dan 2 baris melalui tombol Table
di tab Insert. Untuk masing-masing baris, beri nilai dari kolom satu sampai
kolom tiga dan kolom keempat biarkan kosong sebagai tempat nilai dari formula
yang diterapkan. Klik sel di kolom keempat baris pertama untuk meletakkan
I-cursor (I-beam pointer).
Untuk menggunakan formula di
Microsoft Word, pastikan Anda telah berada di tab Layout (1) dan kemudian klik
tombol Formula (2).
Di kotak dialog Formula yang muncul,
formula default di kotak teks Formula adalah =SUM(LEFT) (1). Untuk sementara,
gunakan ini dan kemudian klik tombol OK (2).
Di Microsoft Excel, formula akan
selalu dimulai dengan tanda sama dengan (=),SUM () adalah fungsi yang
diterapkan dan LEFT adalah argumen posisional. Selain dengan SUM, argumen
posisional juga dapat digunakan di fungsi MIN,MAX, COUNT PRODUK dan AVARAGE.
SelainLEFT, argumen posisional yang lain adala RINGH, ABOVE dan BELOW.
Anda dapat menggunakan fungsi SUM,
MIN, MAX, COUNT, PRODUCT dan AVERAGE dengan salah satu atau beberapa argumen
posisional. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan fungsi tersebut
beserta argumen posisional dan fungsi lainnya sebagai formula yang bisa
diterapkan di tabel Microsoft Word:
Komentar
Posting Komentar